Profil Politeknik Ketapang

DISIPLIN, UNGGUL, MANDIRI


Sejarah Singkat Politeknik Ketapang
Politeknik Ketapang (POLITAP) didirikan oleh Yayasan Pangeran Iranata Ketapang bersama-sama dengan Pemerintah Kabupaten Ketapang melalui Kesepakatan Bersama Nomor: 03/YPI-KTP/B/02/06 dan 425.1/Ekbangsos-C tanggal 12 Februari 2006 yang dikuatkan dengan Peraturan Daerah dan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor: 66/D/O/2008 tanggal 8 April 2008. Pada tahap awal pendirian, POLITAP membuka tiga program studi dengan jenjang pendidikan Diploma III (DIII), yaitu: Perawatan dan Perbaikan Mesin, Teknik Pertambangan, dan  Teknologi Pengolahan Hasil Perkebunan (TPHP). Ketiga program studi tersebut masing-masing terhimpun dalam jurusan: Teknik Mesin, Teknik Pertambangan, dan Teknologi Pertanian. Pendirian POLITAP dilatarbelakangi oleh adanya tuntutan kebutuhan tenaga kerja industri (khususnya di Kabupaten Ketapang Provinsi Kalimantan Barat) baik secara kuantitatif maupun kualitatif. Lulusan POLITAP diharapkan selain dapat memasok tenaga kerja pada industri pertambangan, perkebunan, dan industri manufaktur juga memasok kebutuhan tenaga kerja pada instansi pemerintahan. Berdirinya POLITAP pada tahap awal didukung oleh dana hibah pemerintah pusat melalui Ditjen Dikti Depdiknas dan pemerintah daerah Kabupaten Ketapang.


Visi dan Misi Politeknik Ketapang

Visi Politeknik Ketapang
“menjadi pusat pendidikan dan penelitian terapan dalam bidang teknik mesin, khususnya perawatan dan perbaikan mesin, untuk menghasilkan lulusan yang memiliki keterampilan, akhlak dan tanggung jawab yang selaras dengan Visi Politeknik Ketapang”.

Misi Politeknik Ketapang
“menyelenggarakan pendidikan vokasional dan penelitian terapan di bidang teknik mesin, khususnya perawatan dan perbaikan mesin, untuk menunjang pembangunan daerah guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat; membina dan mengembangkan profesionalisme yang sehat dan dinamis; mengembangkan dan mendayagunakan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang selaras dengan Misi Politeknik Ketapang”.


Manajeman Politeknik Ketapang
Direktur : Dr. Ir. Hj Nurmala, MM
Pudir I   : Trian Adi Marta, STP
Pudir II  : Normansyah, ST
Pudir III : M.Arie Fizkil, ST

Kaprodi Teknik Pertambangan          : Julyan Purnomo, SST
Kaprodi Teknik Mesin                      : Akhdiatul, SST
Kaprodi Teknologi Hasil Perkebunan : Irianto Sastro prawiro, SST


Jumlah Mahasiswa dan Dosen Tetap Politeknik Ketapang

Program Studi Teknik Pertambangan 
Mahasiswa angkatan 2008 : 58 Orang
Dosen tetap 2008             : 10 Orang

Mahasiswa angkatan 2009 : 39 Orang
Dosen tetap 2009             : 20 Orang

Mahasiswa angkatan 2010 : 29 Orang
Dosen tetap 2010             : 17 Orang


Program Studi Teknik Mesin
Mahasiswa angkatan 2008 : 20 Orang
Dosen tetap 2008             : 15 Orang

Mahasiswa angkatan 2009 : 15 Orang
Dosen tetap 2009             : 18 Orang

Mahasiswa angkatan 2010 : 17 Orang
Dosen tetap 2010             : 24 Orang


Program Studi Teknologi Hasil Perkebunan
Mahasiswa angkatan 2008 : 61 Orang
Dosen tetap 2008             : 11 Orang

Mahasiswa angkatan 2009 : 51 Orang
Dosen tetap 2009             : 19 Orang

Mahasiswa angkatan 2010 : 57 Orang
Dosen tetap 2010             : 17 Orang


5 komentar:

  1. HENDRI
    Semoga visi dan misinya tercapai ya..
    Dan SUKSES UNTUK Politeknik Ketapang

    BalasHapus
  2. perlu diadakan pengenalan kepada seluruh masyarakat, khususnya pelajar (calon mahasiswa/i) agar poltap bisa lebih dikenal,. sebab tahap awal suatu usaha itu adalah perlu adanya penenala kepada khalayak ramai,. contok seperti diadakan kegiatan atau himpunan untuk mahasiswaa yang dapat respon positif dari pihak kampus untuk keperluan sosial dan perlu adanya sharing informasi dan pengetahuan via internet, sebab internet merupakan jlur utama dlam meraih informasi terutam jarak jauh,..

    BalasHapus
  3. Kalau mau iklan lowongan kerja kirim kemana ya?

    Mohon infonya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo yang berhubungan dengan kampus atau alumni kampus, silahkan posting disini aja pak : https://www.facebook.com/groups/bem.politap/?ref=ts&fref=ts

      Hapus
  4. Maaf..di politeknik anda brpa jurusan ya

    BalasHapus